Jelajah Arsitektur Nusantara

-Propan The Paint Specialist-

Setelah sukses mengadakan Sayembara Propan Green Building Awards 2012,  yang terdiri dari Propan Green Building Design Competition untuk mahasiswa  dan arsitek junior serta Propan Green Building Design Award untuk profesional, di tahun 2013 ini, kembali PT Propan Raya  menyelenggarakan sayembara desain arsitektur. Judul  sayembara yang hanya diperuntukkan untuk mahasiswa Arsitektur ini adalah Sayembara Desain

Arsitektur Nusantara 2013

Latar belakang  tema sayembara tersebut, tidak lain karena melihat semakin maraknya arsitek yang memenuhi  permintaan klien nya yaitu para pengembang atau pemilik rumah tinggal, mendesain bangunan dengan desain arsitektur modern atau arsitektur luar negeri, bahkan menetapkan spesifikasi bahan bangunan yang digunakan, dengan bahan impor.

Sayangnya, situasi yang demikian diperparah dengan kurangnya perhatian terhadap pengajaran tentang desain arsitektur tradisional Indonesia di perguruan-perguruan tinggi. Bila situasi ini dibiarkan, maka cepat atau lambat bangunan arsitektur tradisional Indonesia sebagai bagian dari kearifan lokal nusantara akan punah, termasuk juga penggunaan bahan bangunan local seperti bamboo, kayu, rotan serat alam, batu alam dan lain sebagainya akan semakin digantikan oleh bahan bangunan impor. Bila di tinjau dari aspek bangunan hijau, penggunaan bahan bangunan impor dapat dipastikan tidak memenuhi persyaratan bahan bangunan yang ramah lingkungan karena menghasilkan “carbon foot prints” yang tinggi.

Menyikapi situasi yang demikian, Green Building Council Indonesia  (GBCI) bersama INIAS Resource Centre, dengan didukung oleh beberapa arsitek terkemuka di Indonesia seperti  Ir. Yori Antar, Ir. Popo Danes, Ir. Endy Subijono dan Akademisi Prof. Dr. Ir. Josef Prijotomo, M. Arch bekerja sama dengan pelaku industri bahan bangunan PT Propan Raya,  ingin berbuat sesuatu bagi kelestarian arsitektur nusantara.
Peluncuran sayembara ini  akan dilakukan bersamaan dengan penganugerahan pemenang “ Propan Green Building Awards 2012” di Malam Arsitektur Nusantara, pada tanggal 12 April 2013 bertempat di JCC

Berita Terkait