AkzoNobel - Mengungkap Tren warna Colour of the Year 2013

– Inspired Violet mencerminkan bagaimana kehidupan modern bercerita tentang ‘Connections’ –

AkzoNobel, sebagai perusahaan cat dan pelapis Nomor 1 di dunia yang menghasilkan merek Dulux®, tahun ini meluncurkan tren warna ColourFuturesTM 2013 dan mengungkap warna yang akan menjadi Colour of the Year 2013 , yaitu Inspired Violet. Dengan tema utama ‘Connections’ yang bercerita tentang cerminan di tahun ke depan bagaimana setiap hal terkait antara satu dan yang lainnya dalam sebuah jaringan, dialog dan inovasi secara global. Tahun 2013 bergerak ke arah trend komunitas yang tak mengenal batas benua. Lintas-negara, lintas-budaya dan ragam gaya hidup yang mengangkat berbagai kemungkinan (possibilities) akan membentuk suatu keterkaitan (connections).

ColourFuturesTM adalah riset tren warna dari AkzoNobel yang berlangsung setiap tahunnya untuk memberikan prediksi tren internasional pada gaya dan desain interior dan eksterior untuk kemudian dijabarkan dalam tren palet warna yang merupakan pengakuan sebagai otoritas global dalam pengembangan tren warna.

“Di AkzoNobel, kami bangga untuk dapat memberikan warna pada kehidupan setiap orang. Warna adalah alat untuk mengekspresikan diri dan menciptakan gaya pribadi dari setiap individu. Ini juga merupakan tolak ukur untuk melihat “mood” dan respon emosional dari setiap orang,” ujar Jeremy Rowe, Managing Director for AkzoNobel Decorative Paints, South East Asia & Pacific.Tim AkzoNobel Aesthetic Center mengolah penelitian dari berbagai sumber:  dari grup riset, marketing warna, pameran perdagangan dan retail, juga melalui pengaruh desain dari fashion, teknologi, arsitektur, musik, alam, kebudayaan popular dan tren sosial ekonomi yang muncul pada masyarakat. Hasil nya adalah palet warna yang diarahkan oleh perubahan suasana dan gejala ketertarikan masyarakat.

Kehidupan masa kini senantiasa mengangkat gejala keterhubungan antara jejaring, dialog dan inovasi yang tercipta melalui arus informasi yang begitu cepat bergerak.
Dengan ritme hidup yang demikian cepat, terkadang kita membutuhkan ruang untuk berhenti sejenak dan melihat perlahan ke sekeliling kita.Cara ini mempengaruhi tren dengan cara yang berbeda, tetapi mengikatnya dalam sebuah konsep, yang menginspirasi Colour of The Year.
Inspired Violet seolah menjadi sebuah “jeda” visual  diantara huru-hara kesibukan kita. Sebuah warna yang kuat menyuarakan ketenangan, kebijakan, dan kejujuran yang memberikan kebaikan kepada lingkungan kita. Seperti sebuah keheningan di kedalaman laut yang tersembunyi,  warna ini memberikan kesan damai dan ketentraman yang menenangkan “Di AkzoNobel, kami bangga untuk dapat memberikan warna pada kehidupan setiap orang. Warna adalah alat untuk mengekspresikan diri dan menciptakan gaya pribadi dari setiap individu. Ini juga merupakan tolak ukur untuk melihat “mood” dan respon emosional dari setiap orang,” ujar Jeremy Rowe, Managing Director for AkzoNobel Decorative Paints, South East Asia & Pacific.

Warna bagi Dulux adalah DNA dan misi secara global dalam menjalankan seluruh lini produknya. Sebagai sebuah brand dalam perusahaan produsen cat dan pelapis terbesar di dunia, Akzonobel, Dulux bertugas memberikan inspirasi melalui warna dan desain. Warna tak sekedar sebuah simbol dalam produksi cat. Ia dapat mengubah emosi, rasa, sudut pandang dan cara pandang seseorang. Hidup pun lebih berarti dengan warna yang menjadi inspirasi sehari-hari.
Dulux berkolaborasi dengan 3 orang interior desainer lokal untuk mengangkat 5 tema yang mendukung tema utama Colour Futures 2013. Mereka adalah insan kreatif Indonesia yang telah mengaplikasikan kelima tema tersebut ke dalam desain ruangan mereka. Yuni Jie mengolah tema “Collective Passion” dan  “Colour of The Year 2013”, Eko Priharseno mengambil tema “Home Factory” dan ”Switching Off”, sedangkan Diana Nazir mengaplikasikan tema “The Art of Understanding”  dan “Visual Solace” 

 5 tema Colour Futures

Collective Passion
Energi, keceriaan, kreativitas dan tujuan hidup merupakan spirit yang ditawarkan oleh tema ini. Dilengkapi warna-warna pencuri perhatian dan bias warna pastel. Keseluruhan palet menggambarkan luapan semangat dunia menyambut pesatnya arus komunikasi saat ini bagaikan sambaran api.

Switching-Off
Menciptakan keheningan sejenak dan memutuskan hubungan dengan dunia luar kadang diperlukan untuk memberikanruang kepada pemikiran dan pemahaman baru dalam hidup. Warna-warna ini menggambarkan palet kesunyian yang damai. Semburat warna salju, embun, serta kejernihan air, mendominasi koleksi ini.

The Art of Understanding
Kenangan indah saat kanak-kanak dan semburat warna-warna cerah bermandikan sinar matahari menjadi trend warna-warna sebagian rumah mode musim ini. Prada misalnya, untuk musim semi dan panas 2013 ini. Bayangkan coklat dan cherry, kue makaron, langit biru, buah raspberry dan butiran potongan cokelat asli. Padukan warna-warna ini dengan palet warna netral, Anda akan hidup di alam penuh gaya.

Home Factory
Produksi yang berasal dari industri kecil kini menjadi salah satu tulang punggung perekonomian dunia. Warna-warna dalam koleksi ini menggambarkan kemandirian namun kaya akan bias warna otentik. Terdapat warna merah merona, oranye bak pancaran sinar matahari, tanah liat mediterania, serta hijau terang dan warna-warna biru indigo. Keaslian yang menginspirasi menjadi perpaduan indah dalam bias warna tahun ini.

Visual Solace
Palet warna ini menggambarkan keindahan taman kala musim semi tiba, dan semburat warna-warna dari lukisan antik the Old Masters. Dominasi warna ungu menjadi menu utama palet ini, dengan sapuan warna flora pink, perunggu berkilau dan warna-warna bebatuan alam. Keseluruhan impresi adalah menenangkan, lembut dan feminin.
 

 

Berita Terkait