TIPS MEMULAI HIDUP RAMAH LINGKUNGAN

Tahukah sobat hijau bahwa sebagian besar ketidaknyamanan yang belakangan menjangkit di berbagai aspek kehidupan itu tak lain adalah karena ulah manusia sendiri.

Sehingga kini waktunya untuk melakukan perubahan gaya hidup dan menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Selain menerapkan konsep rumah go green, merubah gaya hidup dari hal terkecil dapat Sobat hijau lakukan.

Namun, masih banyak hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari, yang berdampak buruk bagi bumi. Mengendarai mobil, membuang sampah tidak pada tempatnya dan menghambur-hamburkan listrik adalah contoh hal kecil yang bisa membawa kerusakan lingkungan.

Dengan mengubah hal-hal kecil dalam hidup, Sobat kampus bisa membuat perbedaan nyata. Ikuti delapan cara mudah berikut ini untuk memulainya.

Mengganti komputer desktop dengan laptop bisa menghemat energi hingga 50%. Manfaatkan daya baterai laptop secara maksimal sebelum Sobat hijau mengisinya kembali.

Jika Anda memiliki mobil, pastikan mobil Sobat hijau terawat. Hindari menggunakan mobil jika lokasi yang dituju bisa ditempuh dengan jalan kaki. Satu hal yang sering terlupa, pastikan ban mobil Sobat hijau memiliki tekanan udara yang pas. Ban kempes dapat membuat mobil Sobat hijau tidak efisien.

Ingat 3 R? Gunakan kembali (Reuse), daur ulang (recycle) dan kurangi (reduce). Pastikan Sobat hijau membuang sampah pada tempatnya atau bawa ke lokasi daur ulang. Jika Sobat hijau menemukan barang yang bisa digunakan kembali, mengapa tidak? Manfaatkan dan hindari membeli barang baru.

Buanglah sampah pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan selain akan menimbulkan polusi pandangan juga dapat menimbulkan polusi udara, bahkan tak jarang dapat menimbulkan aroma tidak sedap. Buanglah sampat pada tempatnya dan memisahkan antara sampah organik dan non organik. 

nah sahabat hijau selamatkan bumi kita dengan cara perubahan kecil seperti yang diatas yukk..

 

sumber:solidparquet 

Berita Terkait