RUMAH TROPIS HEMAT ENERGI

Rumah go green atau rumah ramah lingkungan. Tentu saja Sobat hijau semua pasti telah mengetahuinya. Lantas bagaimana dengan rumah tropis yang hemat energi? Nah untuk lebih jelas, kita bahas tuntas sekarang, check this out.

Desain arsitektur rumah yang respek terhadap kondisi iklim setempat, sinar matahari dan gerakan udara untuk kenyamanan penghuni dalam beraktifitas merupakan satu langkah maju. Rumah tropis hemat energi juga bentuk tanggapan atas konteks sosial yang terjadi, yaitu krisis listrik, gerakan hemat listrik, dan pemanasan global.

Bagi Indonesia, dengan iklim tropis, perlu diterapkan pendekatan enam strategi rumah hijau, yaitu mencakup pelapis bangunan, penerangan, pemanasan, pendinginan, konsumsi energi, dan pengelolaan limbah.

Rumah dengan sistem pencahayaan hijau dapat mengurangi konsumsi energi. Karena semakin banyak pepohonan tumbuh di sekitar rumah, semakin berkurang intensitas suhu panas. Selain kenyamanan dari sisi thermal, kenyamanan juga diciptakan dari sisi visual.

Energi matahari yang melimpah dimanfatkan untuk menciptakan kemandirian energi di rumah. Salah satunya, dengan aspek desain yang menempatkan solar panel di sisi rumah yang menghadap barat yang mendapatkan terpaan sinar matahari paling tinggi dan lama.

Bagian tersulit dalam menciptakan rumah hemat energi adalah mengubah aspek kebiasaan individu itu sendiri. Jika menyangkut kebiasaan, cara paling efektif untuk mengajak individu agar berubah adalah dengan memberikan contoh nyata.

Para arsitek dunia pun menyadari, mereka harus memiliki posisi tawar yang kuat dihadapan klien, sehingga klien dapat menerima rancangan rumah tropis hemat energi.

Jika semakin banyak masyarakat yang bersedia menerapkan konsep rumah hemat energi, maka akan semakin signifikan hasil yang diperoleh. Upaya hemat energipun dapat dengan cepat direalisasikan dan semakin nyaman pula bumi kita.

Nah Sobat Hijau setuju kan dengan konsep rumah hemat energi dibawah. Selain ramah di kantong sobat hijau, rumah go green yang hemat energi juga sangat ramah terhadap lingkungan.


sumber:solidparquet

Berita Terkait