Desain Bangunan Sekolah Hemat Energi.

Jika sekolah umumnya yang temukan, memanjakan muridnya dengan fasilitas pendingin ruangan dan berbagai penerangan, namun tidak dengan desain sekolah yang satu ini. Dilansir dari designboom, Kamis (19/12/2013), sekolah ini didesain dengan konsep nol energi. Konsep ini mengusung tema ramah lingkungan yang meminimalisir penggunaan energi. Arsitek gedung sekolah ini, adalah seorang designer yang berasal dari paris / prancis, yaitu Mikou. Dia dan teman-temannya mendirikan sebuah studio desain yang bernama Mikou Studio Desain Paris.

Terletak di perkotaan Paris, tepatnya di Saint-ouen, sekolah ini dikelilingi oleh blok perkantoran dan bangunan perumahan yang bertingkat. Ditandai dengan struktur atapnya yang unik, bangunan ini memiliki fondasi yang kuat dan ramah lingkungan. Menggunakan kanopi yang memberi keteduhan dan memanfaatkan energi matahari pasif, ruang kelas pada sekolah ini dibangun menghadap ke selatan. Imbasnya, tidak memerlukan lampu untuk pencahayaan. Sementara untuk desain interiornya menggunakan material kayu.

Sekolah ini dibangun diatas lahan seluas 4.820 meter persegi (m2) dan sudah beroperasi sejak Oktober 2013 lalu. Bangunan sekolah ini terdiri atas beberapa gedung. Yaitu gedung TK, SD, pusat olahraga dan rekreasi.


sumber:solusiproperty.com

Berita Terkait