Mobil Hijau Berawal dari Sini.

Ilmuwan dari Imperial College London (ICL) berhasil menemukan “catalyctic converter” yang mampu menghemat biaya, sumber daya dan konsumsi BBM. “Catalyctic converter” adalah komponen dalam mobil atau motor yang berfungsi menyaring emisi atau polusi berbahaya.

Model “catalyctic converter” yang ada saat ini tidak berubah sejak 1940. Dr Benjamin Kingsbury dari ICL berhasil mengembangkan desain baru yang lebih hemat energi, sumber daya serta biaya. “Catalyctic converter” adalah bagian terpenting dalam kendaraan,” ujar Dr Benjamin sebagaimana dikutip dari berita ICL. “Prototipe yang kami kembangkan akan memangkas biaya karena hemat BBM dan mengurangi emisi CO2,” tambahnya lagi.

“Catalyctic converter” konvensional terbuat dari blok keramik dengan saluran-saluran mikroskopis yang dilapisi oleh metal langka seperti platinum. Emisi yang dihasilkan oleh mesin akan dibuang melalui alat ini. Platinum akan memicu reaksi kimia guna mengurangi emisi berbahaya.

Dalam model terbaru, Dr Kingsbury berhasil memerbaiki struktur saluran mikroskopis, memerluas permukaannya, sehingga platinum bekerja lebih efektif dan efisien.

Hasilnya adalah “catalytic converter” baru yang mampu menghemat pemakaian metal-metal langka hingga 80% yang akan mengurangi biaya produksi mobil secara signifikan.

Saat ini biaya yang dihabiskan untuk metal-metal langka ini mencapai 60 hingga 70% dari biaya komponen mobil. “catalytic converter” model baru ini juga lebih awet – dengan penurunan fungsi sebesar 4% dalam 100.000 km atau 35% lebih baik dari alat standar – dan mampu menghemat BBM hingga 3%.


sumber:hijauku.com

Berita Terkait