Tips Memilih Papan Gipsum yang Healthy

Oleh : Knauf

 Banyak dikenal secara luas bahwa papan gipsum adalah produk pengganti papan triplek, dimana papan gipsum penggunaannya jauh lebih aman bagi lingkungan, namun dalam memilih papan gipsum yang tepat kita harus cukup cermat. Terlebih lagi, sekarang ini tidak cukup lagi suatu bangunan dan material yang digunakannya disebut sebagai green building, belakangan ini pasti kita sering mendengar istilah healthy building, yaitu bangunan residential atau rumah tinggal yang memiliki efisiensi energi, sustainable, tidak mengandung toxic atau racun berbahaya.

Semakin sehat tempat tinggal atau tempat beraktifitas Anda maka semakin sehat Anda dan keluarga
Apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam memastikan suatu papan gipsum bisa dikatakan sebagai papan gipsum yang healthy? Papan gipsum yang baik adalah papan gipsum yang terbuat dari natural gypsum. Mengapa ini menjadi penting? Karena papan gipsum yang terbuat dari natural gypsum dapat kembali diuraikan alam ketika sudah menjadi sampah. Banyak kasus yang terjadi adalah papan gipsum yang terbuat dari gipsum sintesis ketika sudah menjadi sampah tidak bisa diuraikan dan menumpuk di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).


Jika bangunan atau rumah Anda menggunakan papan gipsum sebagai partisi antar ruangan, papan gipsum dapat menjaga suhu ruangan tetap stabil. Bandingkan jika bangunan menggunakan dinding konvensional, jika seharian terkena udara panas atau udara dingin maka dimalam hari ruangan akan terasa cukup panas atau dingin sehingga diperlukan pemanas atau pendingin ruangan Hal ini berarti dinding partisi papan gipsum sebagai energy-saving disuatu bangunan. Untuk memilih produk papan gipsum yang terbaik, gunakanlah yang sudah memenuhi standar ASTM, SNI, dan bahkan tersertifikasi Green Label. Hal ini menandakan produk tersebut memiliki performa yang handal.


Produk-produk Knauf sangat mendukung konsep healthy building. Mulai dari produk papan gipsum, aksesoris seperti metal UFC (Universal Furring System), dan produk akustik. Salah satu produk akustik Knauf, yaitu Apertura Cleaneo selain berfungsi akustik juga memiliki lapisan/ black tissue dibagian belakangnya yang berfungsi sebagai odor-absoption di dalam ruangan. Sehingga produk ini cocok diaplikasikan di restaurant, gym, lobby area dan masih banyak lagi. Dapat disimpulkan produk-produk Knauf dan aksesorinya terdepan dalam kualitas.


Knauf merupakan perusahaan manufacturer papan gipsum dan aksesorisnya yang berkualitas tinggi dari Jerman. Knauf telah memiliki 150 pabrik di lebih dari 40 negara, dan pabriknya di Indonesia merupakan pabrik ke-48. Knauf berupaya memberikan produk, sistem, dan layanan terbaik untuk Anda.


Tidak dapat dihindari, produk bahan material termasuk papan gipsum dalam proses produksinya pasti menggunakan tambahan bahan kimia. Bahan kimia tersebut ada pula yang berbahaya bagi kesehatan. Sehingga ketika memilih papan gipsum tipe tile perforated and painted, perlu diperhatikan proses finishing-nya menggunakan bahan non-VOC (Volatile Organic Compound) sehingga tidak mengandung bahan berbahaya.

Berita Terkait