Conwood

Elemen dekorasi mampu membuat ruangan baik eksterior maupun interior tampil lebih cantik. Oleh karena itu saat ini banyak orang berlomba untuk mempercantik hunian mereka dengan berbagai unsur yang bersifat dekoratif. Namun, kita sebagai bagian dari bumi ini tetap memiliki tanggung jawab untuk menggunakan material dekoratif yang eco-friendly dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan.

 

 Dekorasi identik dengan kreativitas, sehingga biasanya unsur dekoratif yang dihasilkan mampu mewakili karakter dari pemilik rumah. Selain itu, penambahan elemen dekoratif dapat dilakukan pada setiap area dan sudut hunian, dimulai dari bagian luar rumah seperti pagar, fasad, hingga area dalam ruangan seperti partisi dan dinding. Sehingga saat ini kebutuhan akan material dekoratif menjadi berkembang pesat. Tetapi kesadaran yang kuat untuk menjaga kelestarian alam harus terus dipertahankan, untuk kita perlu memperhatikan penggunaan material dekoratif yang lebih ramah terhadap lingkungan.


Dalam semangat mewujudkan keseimbangan ekosistem bumi, Conwood, perusahaan asal Thailand terus mengembangkan produk dekoratif yang inovatif. Conwood menyediakan berbagai macam produk yang dapat menggantikan kayu antara lain lisplank dan plafon, dinding, lantai serta aplikasi dekoratif. Selain memiliki tampilan seindah kayu asli, Conwood juga memiliki berbagai keunggulan lainnya yaitu tahan terhadap api, tahan air, tahan cuaca, anti rayap, 100% bebas asbes, mudah dipasang, serta ramah lingkungan.


Setelah itu lembaran tersebut akan masuk ke dalam proses Curing & Drying yang menggunakan Heat Recovery Sistem yang berguna untuk membuat penggunaan energi menjadi efisien dan mengurangi jumlah emisi pada lingkungan. Pada tahap akhir yaitu proses finishing, seluruh debu dan material sisa padat yang dihasilkan dikumpulkan untuk kemudian dikirimkan ke recycle management partner agar dapat diolah kembali menjadi material yang berguna, system ini disebut juga Dust/Waster Collecting System.


Keseluruhan proses hasil produksi Conwood merupakan bentuk nyata dari visi Conwood yaitu inovasi berkelanjutan untuk kelangsungan masa depan bumi. Dengan produk Conwood, semua orang bisa berkreasi menggunakan elemen dekoratif unsur kayu pada huniannya sementara penggunaan kayu asli tetap bisa dikurangi sehingga lingkungan dapat terus terjaga kelestariannya.
Tidak hanya produknya yang ramah lingkungan, proses produksi Conwood juga sangat memperhatikan dampak terhadap lingkungan sekitar. Conwood berkomitmen menggunakan teknologi yang tidak beracun, mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam yang ada, mengurangi pemakaian energi, serta mengurangi polusi industri.


Pabrik Conwood di Indonesia berdiri pada tanggal 19 Juni 2014 pada lahan seluas 8 hektar persegi di Kawasan Industri Jababeka di Cikarang. Pabrik Conwood adalah Green Factory dimana Green Philosophy selalu diterapkan dalam setiap proses produksinya. Sehingga metode produksi yang dijalankan sangat bersahabat dengan lingkungan dan limbah yang dihasilkan dapat ditekan seminim mungkin.


Pembuatan produk Conwood dimulai dari pencampuran bahan baku serat alami daur ulang berupa kardus dan koran bekas dengan air dan semen dalam proses final mix. Setelah itu campuran dibentuk menjadi lembaran-lembaran pada proses laminating. Dalam kedua proses tersebut terdapat water recycle system dimana sisa air dari proses produksi tidak dibuang melainkan digunakan kembali untuk pengolahan selanjutnya.

 

Berita Terkait